Transformasi Ahklak dalam Cerpen “Ibu Pergi Sebulan”

Sabtu, 30 Januari 2010

Setelah dicermati, cerpen ini mentransformasikan beberapa ayat Alquran sebagai hipogramnya. Hal itu dapat diketahui dalam uraian berikut
“Besoknya.
‘Ibunya ada, kan, Dik? Tarno Menggeleng.
“Kata Ibu, Ibu gak ada, Pak!” Tarno mengerutkan keningnya. Apa ada yang salah dengan kalimatnya, ya? Tapi, Pak tukang kredit seyum-seyum saja. Mungkin cuma perasaannya. Tarno terseyum lagi.Dari kutipan tersebut dapat diketahui bahwa Tarno berbohong, padahal Ibunya ada dirumah. Sikap tersebut bertentangan dengan yang diajarkan dalam agama hal ini sesuai dengan ayat Alquran surat Al-Maidah ayat 8 berikut ini:



Artinya:
“Hai orang-orang yang beriman, hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adilah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”

Pentransformasian ayat itu sebagai hiprogramnya atau latar penciptaan cerpen ini, disamping berfungsi sebagai anjuran kepada masyarakat untuk tidak berkata bohong dan menegakkan kebenaran atau menyampaikan sesuatu sesuai keadaanya sekaligus ingin menyatakan beberapa kebohongan kecil yang tetap saja merugikan.

Selanjutnya sikap ibu Saiman ia melakukan kesalahan yaitu salahnya sendiri termakam tetangga yang yang tampak enteng saja membeli barang demi barang tiap hari, hingga ia latah membeli. Padahal banyak barang yang dibeli, tidak benar-benar dia perlukan”
Bu Saiman mudah terpengaruh pada tetangga yang mengambil barang-barang pada tukang kredit, sehingga ia ikut-ikutan mengambil barang-barang yang sebanarnya tidak begitu ia perlukan. Sehingga ia bersifat boros dan menghambur-hamburkan uang tanpa memperhatikan kebutuhan lain yang lebih penting. Hal ini bertentangan dengan yang diajarkan dalam agama hal ini sesuai dengan ayat Alquran surat Al-Isra ayat 24 berikut ini:




Artinya:
“Dan berikanlah kepadamu keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang-orang yang dalam perjalanan; dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros”

Pentransformasian ayat itu sebagai hiprogramnya atau latar penciptaan cerpen ini, disamping berfungsi sebagai anjuran kepada orang lain untuk tidak bertindak boros karena nantinya sifat tersebut akan merugikan diri sendiri.

Saiman berprasangka bahwa tamu yang datang tersebut adalah tukang kredit yang mau menjebak. Ia mengira bahwa tukang kredit tersebut menyamar menjadi salesman untuk mengelabui suaminya.
Bu Saiman, perempuan berumur empat puluh tahun itu, jadi mangkel setengah mati. Tukang kredit itu kan mestinya dihindari bukan disuruh masuk! Tumben lagi datang sore-sore. Biasanya kan pagi? Pasti mau menjebak! Batin perempuan berprasangka”. Bu Saiman berpikir negatif bahwa laki-laki yang datang tersebut adalah tukang kredit yang menyamar menjadi salesman. Bu Saiman berprasangka buruk hal ini bertentangan dengan agama hal ini berdasarkan ayat Alquran Al-Zalzalah 8:



Artinya:
“Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula”

Pentransformasian ayat itu sebagai hiprogramnya atau latar penciptaan cerpen ini, disamping berfungsi sebagai anjuran kepada masyarakat untuk tidak menilai sesuatu berdasarkan penampilan luarnya saja atau dari satu segi yang memiliki pengaruh besar tanpa memperhatikan dari berbagai pandangan maupun hal-hal lain yang berkaitan ternyata hal tersebut merugikan diri kita sendiri.

0 komentar: